Pemandangan Menajubkan Air terjun Surodipo

pemandangan Air Terjun Surodipo

Tidak hanya gunung Sindoro-Sumbing saja yang bagus pemanndangannya di Temanggung tetapi ada beberapa wisata baru yang sekarang sedang berkembang pesat alias ngehits. Udara yang cenderung dingin dengan dataran tingginya, Temanggung mempunyai potensi wisata yang besar. Mulai bermunculan gardu pandang-gardu pandang semisal Posong, Sindumoyo, Alam Sewu serta tak kalah juga wisata minat khusus yang menantang seperti river tubbing di kali Progo. Bermunculan juga beberapa air terjun yang sekarang banyak di kunjungi, salah satunya adalah air terjun Surodipo sebuah tempat yang membuat saya sangat terkesan setelah mengunjunginya. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 120 meter ini menyajikan pemandangan yang sangat indah.
Air Terjun Surodipo atau disebut juga Curuk Trocoh terletak di dataran tinggi yang menghubungkan antara temangung dengan Wonosobo/Kejajar, letaknya berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Cukup lumayan terpencil memang tempat ini tapi mudah kita cari karena jalannya sudah bagus dan terkenal.
Saya kesini bersama dua teman saya sewaktu SMA yaitu Danag dan Ipud, saya mengajak mereka karena saya belum tahu jalan menuju ketempat ini sehingga merekalah yang menjadi guide saya ketempat ini. Berangkat dari rumah saya pukul 09.30 dengan menyusuri jalan Ngadirejo-Muntung dan di pertigaan Muntung kita ambil kekiri arah SMA 1 Candiroto sesampainya kita di pertigaan arah ke Wonoboyo kita ambil kanan, jalan sudah mulai naik turun sehingga motor lumayan mengeluarkan kemampuannya untuk mebawa saya dan teman saya sampai di air terjun Surodipo ini. Apabila kita bingung kita bisa tanya ke warga arah jala ke desa Cemoro, Air terjun itu terletak disisi kanan jalan ke desa Cemoro tersebut.
Gerbang memasuki wisata Air terjun Surodipo
Pemandangan yang ada di pemberhentian pertama
Jalan ke atas yang masih ditumbuhi ilalang

Sesampainya di pintu gerbang masuk ke air terjun kita dikenakan retribusi untuk parkir yaitu Rp. 4000 ,-. Dari gerbang masuk kita masih melanjutkan perjalanan sampai ketempat parkir dengan jalan masih dari batu. Setelah sampai di tempat parkir kita lanjutkan dengan berjalan kaki, kira-kira 800 meter dengan jalan setapak yang kiri-kanannya kebun kopi milik warga dan jalannya naik. Setelah sampai atas atau pemberhentian pertama kita disuguhi pemandangan yang bagus sekali lembah persawahan dan kebun yang luas sejauh mata memandang. Dari tempat ini kita lanjut berjalan lagi untuk sempai ke Air terjun, oh ya ada dua pilihan jalan yaitu kita ingin melihat air terjun dari atas atau melihat dari bawah. Saya memutuskan untuk melihat air terjun dari atas sepertinya, melihat dari atas bisa memandang luas indahnya air terjun ini. Benar saja setelah sapai spot untuk melihat air terjun ini pemandangan begitu menajubkan.
spot melihat indahnya Air terjun Surodipo
menikmati pemandangan indah Air terjun Surodipo

Air terjun Sorodipo terlihat gagah dengan sumber air yang jatuh dari sela-sela bukit yang tinggi dan hijau. Langsung saja saya mengabadikan pemandangan ini dan menikmatinya. Terdapat sebuah pohon yang lumayan rindang di sepot ini sehingga bisa untuk berteduh sambil menikmati pemandangan Air terjun Surodipo ini.

Tempat ini memang belum dikelola secara baik memang, terlihat dari fasilitas-fasilitas yang belum memadai seperti parkiran yang masih seadanya dan belum adanya toilet serta tempat-tempat sampah jadi saya sedikit menemukan beberapa sampah di sekitar sini. Bagi yang ingin kesini tolong ya jaga kebersihan tempat yang Indah ini. Karena tempat ini adalah sebuah aset wisata yang menarik di kota Temanggung.

Post a Comment

2 Comments

  1. Tempatnya keliatan masih asri dan belum banyak turis y, bisa jadi rencana petualangan selanjutnya ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada turis kesini kayaknya, masih bener2 alami

      Delete